Influenza

Senin, 29 Januari 2018

Kenali Tipe-Tipe Virus Influenza

Virus influenza tentu sudah bukan hal yang asing bagi Anda. Virus ini menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan flu, penyakit global dengan beragam jenis tingkatan bahaya. Pada sebagian orang, flu hanya bertahan beberapa hari lamanya dengan gejala yang tidak terlalu membahayakan hidup. Akan tetapi, pada sebagian orang virus influenza dapat berujung pada kematian.

Untuk mengetahui tingkat bahaya dan cara penanganan yang tepat, Anda terlebih dahulu perlu mengenal lebih lanjut jenis-jenis dari virus influenza. Ada 3 jenis tipe virus influenza yang dikenal di dunia. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan penanganan yang berbeda pula. Berikut ini penjelasan singkat dari setiap tipe virus influenza.
Tipe A
Influenza tipe A merupakan virus yang mampu menyerang hewan. Akan tetapi, sering kali virus influenza tipe ini juga menyerang manusia dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada sistem pernapasan. Hewan jenis unggas merupakan penyebar utama virus ini pada hewan lain maupun manusia. Influenza tipe A merupakan virus influenza yang sering kali menjadi wabah di negara-negara tropis karena mampu tersebar tidak hanya melalui hewan unggas, tetapi juga melalui kontak antar manusia.
Tipe B
Virus influenza tipe B merupakan virus yang hanya ditemui pada manusia. Tipe B memiliki tingkat bahaya yang lebih rendah dibandingkan dengan A, akan tetapi masih memiliki kemungkinan untuk berkembang menjadi virus mematikan. Influenza tipe ini digolongkan tidak memiliki potensi untuk menjadi wabah.
Tipe C
Virus influenza tipe C merupakan jenis yang paling ringan jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Virus ini hanya menyerang manusia dan tidak dapat menimbulkan kerusakan serius pada sistem pernapasan. Sama halnya dengan tipe B, virus ini juga tidak menyebabkan wabah.
Virus ini biasanya menyerang tubuh melalui membran dalam hidung, mata, atau mulut. Setiap kali Anda menyentuh bagian-bagian ini dengan tangan Anda, maka Anda memiliki risiko untuk terjangkit virus influenza. Cegah hal ini dengan kebiasaan selalu mencuci tangan. Mencuci tangan dapat membunuh bakteri dan kuman, serta melenyapkan virus yang menempel. Tanamkan kebiasaan mencuci tangan ini sejak dini agar tubuh selalu terjaga dari penyakit.

http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1194892/kenali-tipe-tipe-virus-influenza?gclid=CjwKCAiAqbvTBRAPEiwANEkyCM4cT07PKthiY-tBSnga-VYq1A12N8-4FBuTBoSGBiJVUf_o9fR1LhoCaNgQAvD_BwE

0 komentar:

Posting Komentar