Sistem Eksresi Manusia

Selasa, 20 Februari 2018

Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa ?

Ya, tubuh kita mengeluarkan zat sisa

Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Berfungsi untuk membantu memelihara keseimbangan dalam tubuh. 


Contoh:    
·        Manusia mengeluarkan karbondioksida melalui paru–paru
·        Manusia mengeluarkan sisa sisa makanan melalui anus
·        Manusia mengeluarkan keringat melalui kulit
·        Manusia menggeluarkan urea dan ammonia melalui hati
·        Manusia mengeluarkan urin melalui ginjal

Ada beberapa istilah yang erat kaitannya dengan proses pengeluaran zat, yaitu:
a)     Defekasi, yaitu proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan makanan    yang disebut faeces. Zat yang dikeluarkan tidak pernah mengalami    j wwmetabolisme dan tidak pernah beredar ke seluruh tubuh. 
b)    Ekskresi, adalah pengeluaran zat-zat sisa (ekskrit) metabolisme yang tidak  berguna lagi bagi tubuh. Ini merupakan sisa metabolisme yang pernah beredar di seluruh tubuh.
      c)    Sekresi, adalah pengeluaran getah (sekrit) oleh suatu kelenjar yang mempunyai fungsi tertentu. Jika punya saluran khusus kelenjarnya di sebut eksokrin, dan jika tidak punya saluran khusus kelenjarnya disebut endokrin (kelenjar buntu).
http://biologimediacentre.com/sistem-ekskresi-3-sistem-ekskresi-pada-manusia/

Mengapa zat sisa yang ada di dalam tubuh harus dikeluarkan ?

Zat sisa metabolisme merupakan zat yang harus segera dikeluarkan dari tubuh. Sesuai dengan namanya, zat ini merupakan sisa sehingga pastinya sudah tidak berguna dan tidak memberikan manfaat untuk tubuh. Sisa metabolisme berarti merupakan zat yang memang tidak baik untuk tubuh dan sengaja dibuang. Maka dari itu zat sisa metabolisme harus segera dibuang. Jika tidak bisa berubah menjadi racun untuk tubuh. Zat sisa metabolisme juga biasanya akan mengalami pembusukan dan menimbulkan gas dalam tubuh. Biasanya zat sisa ini dikeluarkan lewat sistem ekskresi. Bisa dalam bentuk buang air kecil atau berkeringat. Maka dari itu biasanya orang sakit akan berkeringat setelah minum obat. Karena zat sisa yang tidak dibutuhkan telah dikeluarkan melalui keringat.
http://www.bhataramedia.com/forum/mengapa-zat-sisa-metabolisme-harus-dikeluarkan-dari-tubuh/
Bagaimana dampaknya jika zat sisa dalam tubuh tidak dikeluarkan ?
Jika zat sisa metabolisme tidak dikeluarkan oleh tubuh maka zat sisa tersebut dapat membahayakan tubuh dengan mengakibatkan berbagai penyakit.


https://youtu.be/hXhlYKk8gw8


0 komentar:

Posting Komentar