Apa itu Kondensor ?

Rabu, 14 November 2018

Prinsip kerja kondensor tergantung dari jenis kondensor tersebut, secara umumterdapat dujenikondensor yaitsurface condensedadireccontactcondenser. Berikut klasifiksi kedua jenis kondesor tersebut!
1. Surface Condenser
"ara kerja dari jenis alat ini ialah proses pengubahan dilakukan dengan caramengalirkan uap kedalam ruangan yang berisi susunan pipa dan uap tersebutakan memenuhi permukaan luar pipa sedangkan air yang berfungsi sebagai pendingin akan mengalir di dalam pipa (tube side), maka akan terjadi kontak antara keduanya dimanuayang memiliktemperatupanaakan bersinggungan dengan air pendingin yang berfungsi untuk menyerap kalor dariuap tersebut, sehingga temperatur steam (uap) akan turun dan terkondensasi.#urface condenser terdiri dari dua jenis yang dibedakan oleh cara masuknya uapdan air pendingin, berikut jenis-jenisnya!$.%ype &orizontal "ondensePadtypkondesor iniaipendingin masuk melalui bagian ba'ah,kemudian masuk kedalam pipa (tube) dan akan keluar pada bagian atas,sedangkap uaakan masuk pada bagian tengah kondensodaakankeluar sebgai kondensat pada bagian ba'ah..%ype ertical condensePada jenis kondensor ini, tempat masuknya air pendingin melalui bagian ba'ah dan akan mengalir di dalam pipa selanjutnya akan keluar pada bagian atas kondensor, sedangkan steam akan masuk pada bagian atasdan air kondesat akan keluar pada bagian ba'ah.
2. Direct Contact Condenser
"ara kerja dari kondensor jenis ini yaitu proses kondensasi dilakukan dengancara mencampurkan aipendingidauasecara langsung*enidarikondensor ini disebuspracondenser 
 ,
 pada alat ini proses pencampurandilakukan dengan menyemprotkan air pendingin ke arah uap. #ehingga steamakan menempel pada butiran-butiran air pendingin tersebut dan akan mengalamikontak temperatur, selanjutnya uap akan terkondensasi dan tercampur denganair pendingin yang mendekati fase saturated (basah).Perlkita ketahuibah'setiaindustri terkadang memilikcara kerja pertukaran panas yang berbeda-beda, misalnya saja pada industri migas, fraksiyang panas akan mengalir melalui pipa sedangkan minyak mentah (dingin) akan

mengalir diluar pipa. &al ini dikarenakan fraksi yang mengalir di dalam pipamerupakan hasil yang telah diolah pada menara destilasi sehingga memilikitemperatuyang panas, panas dari fraksinilah yang dimanfaatkan untumemanaskan miyak mentah yang akan dimasukkan kedalam kolom destilasi.
Air Pendingin Kondensor
+ir pendingin dalam kondensor sangat memiliki peranan penting dalam proseskondensasi uap menjadi condensat 'ater. ahan baku air pendingin biasanyadidapatkan dari danau dan air laut (sea 'ater, dalam proses pengambilannya biasanya digunakan alat sejenis jaring yang berfungsi untuk menjaring kotoranserta benda-benda padat lainnya agar tidak terikut kedalam hisapan pompa yangtentunya dapamengganggu kinerjkondensobahkan kerusakapada peralatan.
Penyebab Penurunan Kinerja Kondensor
Kondensor sangat rentan terhadap gangguan-gangguan yang dapat menghambatkinerjanya, berikut masalah-masalah yang sering terjadi pada kondensor!$. on "ondesable ases (gas yang tidak dapat terkondensasi).aindapameneyebabkakenaikan pressurterhadakondensor danmenyelimuti permukaatube-tube yandapat menghambat transfer panasantara uap dengan cooling 'ater, sehingga gas-gas ini harus dikeluarkan ataudibuandari dalakondensor"ara untumengeluarkaudara tersebut biasanya dilakukan dengan bantuan enting pump dan primming pump yangmerupakan pompa akum.. %erjadi /ouling %erhadap Kondensor./ouling atau endapan sangat mungkin terjadi pada kondensor, endapan yangmengotori tube-tube kondensor ini berasal dari sumber pengambilan bahan bakuair pendingin#epertyankitketahutempat pengambilan air pendingin berasal dari laut dan kemungkinan besar air tersebut mengandung endapan-endapam kotoran yang ikut masuk dan mengendap pada tube-tube kondensor,haindapamenyebebakan menurunnylaju perpindahapanapadakondensor, sehinggkualitas air pendingin sangat diperlukan agar mengurangi penyebab fouling pada kondensor. "ara untuk mengeluarkan kotoran tersebut biasanya dilakukan dengan cara!







 back'ash kondensor, yaitu dengan membalikkan arah aliran air  pendingin dengan tujuan membuang kotoran yang masuk ke dalam'aterbo0 inleyang menghalangproses perpindahapanapadakondensor, proses ini dilakukan dengan cara membalikkan arah aliraninlet dan outlet.
all "leaning
 ,
 proses pembersihan dengan cara ini dapat dilakukandengan bola sebgai alat untumembersihkan tube kondensor"arakerjanya yaitbola akan dimasukkan pada inlemengikutaliran kondensor dan keluar pada 'aterbo0 outlet.1aju perpindahan panas tergantung pada aliran air pendingin, kebersihan pipa- pipa dan perbedaan temperatur antara uap dan air pendingin. Proses perubahanuap menjadi air terjadi pada tekanan dan temperatur jenuh, dalam hal inikondensor berada pada kondisi akum. Karena temperatur air pendingin samadengan temperatur udara luar, maka temperatur air kondensatnya maksimummendekati temperatur udara luar. +pabila laju perpindahan panas terganggu,maka akan berpengaruh terhadap tekanan dan temperatur.http://www.academia.edu/16973251/Kondensor_dan_Prinsip_Kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar