Organ Pernafasan

Senin, 29 Januari 2018

Alat dan Bagian Sistem Pernapasan Pada Manusia



bagian sistem-pernapasan-pada-manusia-dan-fungsinya
pakmono.com

Berikut ini alat dan bagian sistem pernapasan manusia sesuai urutannya:

1. Hidung

Hidung ini adalah organ tubuh pertama kita yang dilalui oleh oksigen. Bagian hidung terdiri dari lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu-bulu hidung, makanya lebih aman kalau kita bernafas menggunakan hidung daripada mulut.
  1. Dengan menghirup udara dengan hidung, udara yang masuk akan tersaring oleh bulu-bulu hidung selaput lendir akhirnya udara menjadi bersih. Makanya gk heran jika di hidung kita terdapat upil 😀 .
  2. Hidung akan menyesuaikan suhu dan kelembaban udara sesuai tubuh kita

2. Tenggorokan

Tenggorokan ini memiliki 2 cabang saluran yaitu untuk saluran pernafasan dan untuk saluran pencernaan. Khusus untuk saluran pernafasan biasanya panjangnya 12-14 cm. Tepat dibagian pangkalnya tenggorokan kita namakan laring.
Laring ini panjangnya hanya sekitar 3-4 cm dan berbentuk seperti kerucut terbalik yang tersusun dari 9 tulang rawan dan beberapa otot. Nah jika kita amati secara seksama di tulang rawan, kita akan menemukan pintu masuk laring atau biasa kita sebut epiglotis.
Epiglotis ini fungsinya sangat penting bagi kita karena dia memiliki klep yang tugasnya mengatur pergantian pertukaran udara pernafasan dan makanan pada persimpangan jalan masuk itu. Makanya orang tua kita bilang kalau makan gak boleh ngomong (bener itu).
Selain epiglotis, terdapat organ lain di laring yaitu cairan dan pita suara. kita bisa berbicara karena pita suara kita bergetar yang mana diatur ketegangannya diatur oleh beberapa otot di dalamnya. Kalau cairan ini berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran yang masuk.

3. Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea ini terletak di kerongkongan saluran makanan. Trakea ini tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin. Untuk dinding sebelah dalamnya terdapat selaput lendir dan silia. fungsinya adalah menahan dan mengeluarkan kotoran agar tidak masuk paru-paru jika kotoran tersebut tidak mampu ditangkap oleh cairan dari laring.
Lho terus gimana ngeluarin kotorannya?
Gampang! caranya bisa dengan bersin atau batuk.
Di Trakea ini terdapat dua cabang yaitu bronkus.

4. Bronkus

Bronkus ini adalah cabang trakea dan tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Cabangnya ada dua yaitu kekanan menuju paru-paru kanan dan kekiri menuju paru paru kiri.
Fungsi dari bronkus sendiri adalah sebagai tempat untuk masuknya udara ke paru-paru dan keluarnya udara dari paru-paru.
INGAT! bronkus punya anak bernama bronkiolus.

5. Bronkiolus

Cabang bronkus adalah bronkiolus. Jumlah cabangnya sesuai gelambir paru-paru, bagi yang menuju paru-paru kanan berjumlah 3 cabang sedangkan yang paru-paru kiri ada 2 cabang. Bronkiolus adalah saluran halus, kecil, dan dindingnya tipis. Bronkiolus rongganya ada silia dan tidak memiliki tulang rawan.
Ujung Bronkiolus terdapat gelembung-gelembung sangat kecil dinamakan alveolus

6. Alveolus

Alvelous ini memungkin udara keluar masuk (oksigen dan karbon dioksida) dari dalam paru-paru. Alvelous ini berjumlah sekitar 300 juta dalam paru-paru. Alvelous diselubungi pembuluh darah yang membentuk jaring. Dinding alvelous sangat tipis seperti silapis sel, lembab, dan berdekatan dengan kapiler darah.

7. Paru-paru

Inilah organ yang paling vital di antara organ yang lain. Paru-paru ini letaknya berada di dalam rongga dada tepatnya diatas diafragma.
Diafragma?
Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi antara rongga perut dan rongga dada. Manusia memiliki 2 pasang paru-paru, kanan dan kiri.
Bagian kiri terdapat 2 gelambir/lobus (atas bawah) dan dikiri ada 3 gelambir yaitu atas, tengah dan bawah. Paru-paru terbungkus pleura (selaput paru-paru). Pleura memiliki 2 lapisan dan salah satu lapisannya berisi cairan.
Fungsi cairan tersebut adalah Supaya tidak ada lecet pada paru-paru akibat gesekan yang disebabkan mengembang dan mengempisnya paru-paru. Kapasitas maksimal paru-paru menampung udara adalah berkisar sekitar 3,5 liter.

2. Proses Sistem Pernapasan Pada Manusia



proses sistem pernapasan
mybod.co.nz

Pertukaran gas antara oksigen dengan karbondioksida penting supaya proses respirasi sel terus berlangsung. Atmosfer menyediakan bagi kita sekitar 21% Oksigen dibandingkan dengan semua gas yang ada.
Lho kenapa dikit?
Katanya guru saya sih jumlah oksigen di bumi sudah sangat seimbang, jika kebanyakan akan mengakibatkan bumi terbakar, jika sedikit kita sulit untuk bernafas.
Udara setelah melewati hidung, masuk kerongkongan atas ( Naro Pharinx) kemudian masuk tenggorokan. Kemudian setelah itu masuk trakea dan diteruskan ke bronkus melalui dua cabangnya tersebut.
Udara Masuk Alvelous terus kapiler dan mengalir ke vena pulmonalis (pembuluh balik paru-paru) untuk diambil oksigennya oleh darah. Terakhir karbon dioksida dikeluarkan melalui hidung.
Berikut proses umum pernapasan pada manusia
  1. Udara masuk lubang hidung
  2. melewati kerongkongan atas atau naro pharinx
  3. Melewati tenggorokan
  4. Melewati glotis
  5. Melewati trakea
  6. Masuk bronchus
  7. Masuk bronchiolus
  8. Udara berakhir pada alveolus
Ingat! menarik napas: inspirasi, mengeluarkan napas: ekspirasi
Inspirasi
Ketika kita inspirasi, otot diafragma berkonstraksi (melengkung menjadi lurus). Kemudian rongga dada terangkat dan membesar, karena otot antar tulang rusuk berkontraksi.
Karena rongga dada mengembang, maka tekanan udara di dalamnya mengecil ( tekanan udara dalam lebih kecil dari tekanan udara luar) akibatnya udara luar masuk ke dalam paru-paru.
Ekspirasi
Ketika kita mengeluarkan udara otot diafragma berelaksasi (lurus menjadi lengkung). Rongga dada mengecil karena otot antar tulang berelaksasi. Karena rongga dada mengecil maka tekanan udara di dalamnya membesar (tekanan udara dalam lebih besar dari tekanan udara luar) akibatnya udara keluar dari dalam.

Jenis Pernapasan Pada Sistem Pernapasan Pada Manusia



sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
mindfulmovementproject.wordpress.com

Pada manusia terdapat 2 jenis pernapasan yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut
1. Pernapasan dada: pernapasan yang terjadi karena kerja otot antar tulang yang berkontraksi.
Inspirasi: otot antar tulang berkontraksi, tulang rusuk naik, paru-paru mengembang, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih kecil dari tekanan luar
ekspirasi: otot antar tulang berelaksasi, tulang rusuk turun, paru-paru menyusut, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih besar dari tekanan luar
pernapasan perut: pernapasan yang terjadi karena kerja otot diafragma
inspirasi: otot diafragma berkontraksi, tulang rusuk naik, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih kecil dari tekanan luar
ekspirasi: otot diafragma berelaksasi, tulang rusuk turun, rongga dada mengecil, tekanan dalam lebih besar dari tekanan luar
https://hidupsimpel.com/sistem-pernapasan-pada-manusia-beserta-fungsi-penyakit-dan-gambarnya/

0 komentar:

Posting Komentar