Ultrasonografi (USG)

Senin, 26 Maret 2018
Ultrasonografi (USG)

Dream - Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan metode pemeriksaan untuk memastikan secara visual kondisi pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Termasuk kondisi kesehatan rahim ibu.

Kini teknologi pemeriksaan USG makin canggih dan terdapat berbagai jenis pemeriksaan USG berdasarkan cara menempelkan probe dan tampilan gambar. Cara kerja pemeriksaan USG memanfaatkan gelombang ultrasonik berfrekuensi tinggi.
Gelombang ini memiliki karakteristik memantul pada batas organ atau jaringan ketika melewati cairan. Dalam pemeriksaan USG pada ibu hamil, alat USG memantul dengan cairan ketuban.
Gelombang pantulan dapat direfleksikan dalam bentuk gambar sehingga Anda bisa memastikannya secara visual melalui monitor atau bisa memperoleh foto atau bahkan video.
Ada tipe USG yang sering dilakukan pada ibu hamil, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal. Keduanya sama-sama berfungsi mengetahui secara detail kondisi rahim dan kandungan, tapi ada juga perbedaannya.
https://youtu.be/K78pdcUXDX8
Metode transvaginal
Pemeriksaan dengan metode ini dilakukan dengan memasukkan peranti transmisi sinyal ultrasonik berbentuk batang yang bernama transvaginal probe ke dalam vagina. Metode ini 
digunakan hingga minggu ke-11 atau 12 dan terutama dilakukan sebagai pemeriksaan USG untuk awal pemeriksaan kehamilan.
Dengan memasukkan probe ke dalam vagina, kita dapat mengamati rahim dalam posisi yang lebih mendekati bayi di dalam kandungan sehingga diperoleh gambar yang lebih akurat. Metode ini bukan hanya digunakan untuk memeriksa kondisi bayi, melainkan juga kesehatan rahim maupun ovarium/indung telur ibu.
Metode transabdominal
Pemeriksaan USG dengan metode ini dilakukan dengan menempelkan probe pada bagian luar perut, biasanya dilakukan mulai trimester kedua kehamilan. Gel dioleskan pada perut 
agar gelombang ultrasonik mudah menembus lalu probe perlahan-lahan digerakkan.
Ibu yang diperiksa hanya akan merasa sedikit kedinginan karena gel dan tidak merasa sakit sama 
sekali. Namun, untuk menyesuaikan dengan posisi atau gerakan bayi, doktermungkin akan menginstruksikan Anda agar mengubah posisi atau mengatur napas
https://parenting.dream.co.id/diy/mengenal-perbedaan-2-tipe-ultrasonografi-usg-170126k.html

0 komentar:

Posting Komentar