Teknologi yang terinspirasi dari Jaringan tumbuhan

Senin, 02 Oktober 2017

Teknologi Yang Terinspirasi Bentuk Tumbuhan

Tumbuhan dengan struktur yang begitu teratur dan kompleks menginspirasi manusia untuk menirunya dalam teknologi.
Beberapa teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan dapat diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Velco
Velco
Velcro ada di mana-mana, dapat ditemukan di sepatu anak-anak sampai pakaian astronot. Bahan lengket ini terinspirasi oleh cara duri tanaman menempel pada bulu anjing.
duri tanaman yang menempel
Pada tahun 1941, insinyur Swiss George de Mestral mengamati duri tersebut di bawah mikroskop dan melihat adanya ratusan kait kecil yang bisa menempel pada rambut atau pakaian. Dia mengembangkan bahan Velcro, dari kata Prancis “velours,” yang berarti beludru, dan “crochet,” yang berarti kait.
Sumber: http://www.livescience.com/28873-cool-technologies-inspired-by-nature.html
2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa
Para peneliti di MIT terinspirasi dari keteraturan kelopak bunga matahari dan menggunakannya untuk mendesain pembangkit listrik tenaga surya yang meminimalkan penggunaan lahan dan meningkatkan energi yang dihasilkan.
Penelitian MIT yang diterbitkan dalam Jurnal Solar Energy, berfokus pada penempatan cermin yang terpasang di tanah dan diarahkan ke menara pusat. Sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin terkonsentrasi pada menara yang akan mendidih air atau cairan lainnya untuk menghasilkan uap; kemudian uap menjalankan turbin dan generator, dan menghasilkan listrik.
Sumber: https://gigaom.com/2012/01/11/how-a-sunflower-big-data-inspired-solar-plant-design/
3. Charger tenaga surya Electree+
Charger tenaga surya yang terisnpirasi bentuk bonsai
Charger tenaga surya Electree+
The Electree+ yang dirancang oleh Vivien Muller adalah cherger tenaga surya yang berbentuk bonsai pohon yang dapat daya ponsel Anda dari desktop. Electree+ menangkap cahaya melalui 27 panel surya mini yang menghiasi cabang-cabangnya. The Electree+ dibuat di Amerika Serikat.
Sumber: http://inhabitat.com/the-electree-is-a-bonsai-inspired-solar-phone-and-tablet-charger-for-your-home-or-office/
4. Pemurni udara Andrea (Andrea Air Purifier)

The Andrea Air Purifier adalah kombinasi yang brilian antara manusia dan tanaman yang mempercepat kemampuan alami alam untuk membersihkan udara dalam rangka untuk mendetoksifikasi suasana di dalam rumah Anda. Gadget yang luar biasa ini mampu membersihkan udara di rumah Anda 1000% lebih baik daripada tanaman biasa.
Sumber: http://inhabitat.com/video-andrea-air-purifier-uses-a-plant-to-clean-the-air-in-your-home/
5. Biophotovoltaic Moss Table
Meja Biophotovoltaic Moss membangkitkan listrik melalui fotosintesis.
Biophotovoltaics‘ Moss Table
Meja Biophotovoltaics Moss adalah mebelair inovatif yang menunjukkan potensi masa depan teknologi Bio Photo-Voltaic-(BPV). Di sini listrik yang dihasilkan dari elektron ditangkap oleh serat konduktif dalam meja. Teknologi ini mengubah energi yang terbuang dalam proses fotosintesis menjadi daya yang dapat dimanfaatkan dengan praktis.
Sumber: http://inhabitat.com/moss-table-by-biophotovoltaics-generates-electricity-through-photosynthesis/
6. Sepeda Listrik CO2
Sepeda Listrik CO2
CO2 adalah sepeda listrik yang memiliki karakteristik dan fungsionalitas yang baik. Sepeda ini terinspirasi oleh itu tumbuhan hijau. Jendela di samping kiri dan kanan meniru daun tanaman dan mereka dibuka ke arah luar untuk mengekspos bagian dalamnya yang seperti kloroplas agar terkena sinar matahari. Sinar matahari ini kemudian digunakan oleh sepeda untuk mengubah energi kimia menjadi energi kinetik melalui prosedur buatan yang menyerupai proses alami fotosintesis. Sepeda ini didesain oleh Tang Ming-deng.
http://mellawulandari.blogspot.co.id/2015/02/teknologi-yang-terinspirasi-bentuk.html

1 komentar:

  1. M. Rizal Setiyawan mengatakan...:

    halo bro sek nggawe blog ini ganteng lho

Posting Komentar